Dark
Light

Rencana Pembagian Dividen: ASII, LPPF, dan PJAA

3 Maret 2024

ASII: Menurunkan Dividen Final Tapi Tetap Menarik

PT Astra International Tbk (ASII) telah mengumumkan rencana pembagian dividen final dari laba tahun buku 2023 sebesar Rp 421 per saham. Meskipun jumlah ini lebih rendah dari tahun sebelumnya, ASII tetap menarik bagi para investor. Pada Oktober 2023, ASII telah membagikan dividen interim sebesar Rp 98 per saham.

Kinerja Keuangan ASII Tahun 2023

Berdasarkan laporan keuangan, laba bersih ASII meningkat 16,31% YoY menjadi Rp 33,84 triliun. Meskipun besaran dividen final menurun, rasio pembayaran dividen terhadap laba bersih mencapai 62,09%, memberikan nilai tambah bagi pemegang saham.

LPPF: Dividen Menurun, Laba Bersih Turun Drastis

PT Matahari Department Store Tbk (LPPF) merencanakan pembagian dividen sebesar Rp 200 per saham dari laba bersih tahun buku 2023. Namun, ini merupakan penurunan signifikan dari tahun sebelumnya yang mencapai Rp 525 per saham.

Tren Laba Bersih LPPF

LPPF mengalami penurunan laba bersih sebesar 51,17% YoY, mencapai Rp 675,36 miliar. Meski dividen menarik, investasi jangka panjang memerlukan pertimbangan hati-hati.

PJAA: Dividen Tunai Rp 32 per Saham

PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk (PJAA) telah mengumumkan dividen tunai sebesar Rp 32 per saham. Meskipun nilainya lebih rendah, dividen ini setara dengan 22% dari laba bersih tahun 2023 sebesar Rp 235,17 miliar.

Jadwal Cum dan Ex Dividen

Pada pasar reguler dan pasar negosiasi, cum dividen dan ex dividen dijadwalkan pada 4 dan 5 Maret 2024. Sementara itu, di pasar tunai, jatuh pada 6 dan 7 Maret 2024. DPS yang berhak atas dividen tunai dicatat pada 6 Maret 2024, dengan pembayaran dividen pada 28 Maret 2024.

Analisis dan Strategi Investasi

William Hartanto merekomendasikan pembelian saham sekarang dan penjualan menjelang ex date dividen, memanfaatkan sentimen dividen. Dari segi teknikal, ASII dan PJAA dinilai lebih menguntungkan, dengan analis MNC Sekuritas, Herditya Wicaksana, lebih mengunggulkan ASII untuk keuntungan jangka panjang.

Peringatan dari Reza Priyambada

Konsultan Investasi PT Reliance Sekuritas Indonesia Tbk, Reza Priyambada, mengingatkan para investor untuk memperhatikan tidak hanya besarnya dividen tetapi juga likuiditas sahamnya. Kendati LPPF menawarkan yield menarik, volatilitas dan arus perdagangan perlu diwaspadai.

Dengan kebijakan pembagian dividen yang beragam, pemegang saham dapat merencanakan strategi investasi yang sesuai dengan profil risiko dan tujuan keuangan mereka.

Latest Posts

Go toTop