Dark
Light

Pejabat Pemerintah IKN Nusantara Tanpa Mobil Dinas

23 Februari 2024

Pejabat pemerintah di Ibukota Negara (IKN) Nusantara akan menjalani gaya hidup berbeda yang memancarkan kesadaran lingkungan. Menurut Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN), mereka tidak akan diberikan akses kepada mobil dinas. Keputusan ini disampaikan sebagai bukti komitmen IKN Nusantara sebagai kota yang ramah lingkungan, di mana 80% transportasi menggunakan sarana publik dan 100% kendaraan berbasis listrik.

Mengutamakan Transportasi Umum dan Ramah Lingkungan

Deputi Bidang Sarana dan Prasarana Otorita IKN, Silvia Halim, mengungkapkan pernyataan ini dalam Indonesia Architecture Exhibition & Conference di ICE BSD, Tangerang, pada Kamis (22/2/2024). Dalam konteks ini, Silvia menekankan bahwa para pejabat pemerintah di IKN Nusantara diharapkan untuk mengandalkan transportasi publik sebagai sarana utama mobilitas mereka.

“Keputusan ini mencerminkan konsistensi IKN Nusantara sebagai kota pintar dan ramah lingkungan. Para pejabat pemerintah diharapkan menjadi teladan dengan menggunakan transportasi publik,” ujarnya.

Meskipun demikian, Silvia mencatat bahwa ada pengecualian untuk beberapa pejabat tertentu, seperti menteri dan presiden, yang tetap diizinkan menggunakan mobil dinas. Namun, kebijakan ini masih dalam tahap perumusan dan keterlibatan mobil dinas akan menjadi hal yang sangat terbatas.

Pengecualian untuk Menteri dan Presiden

“Umumnya, pemerintah memiliki mobil dinas, tetapi di IKN, hanya presiden dan menteri yang akan mendapatkannya. Pejabat lainnya diharapkan menggunakan transportasi publik,” jelasnya.

Sementara kebijakan ini masih dalam tahap pengembangan, Silvia menegaskan bahwa kelancaran transportasi publik di IKN harus menjadi prioritas utama agar konsep ini dapat terlaksana. IKN, sebagai kota berorientasi pada Transit Oriented Development (TOD) dan konsep “kota 10 menit,” memprioritaskan konektivitas antara tempat tinggal, perkantoran, dan titik pemberhentian transportasi umum untuk memudahkan mobilitas masyarakat.

“Dengan konsep kota 10 menit dan Transit Oriented Development di IKN, kita menghadirkan suatu realitas yang menggambarkan keberlanjutan dan kemudahan mobilitas,” tambahnya.

Latest Posts

Go toTop