Dark
Light

Menghadapi Kenaikan Harga Beras: Perspektif Pedagang Pasar

25 Februari 2024
Harga beras naik menjelang ramadhan 2024

Kondisi Harga Beras di Pasar Menjelang Ramadan

Kekhawatiran Pedagang Pasar Indonesia

Ketua Umum Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (IKAPPI), Abdullah Mansuri mengungkapkan kekhawatiran pedagang pasar terkait harga beras yang masih tinggi hingga saat ini. Pedagang mengalami kesulitan mencari pasokan beras karena belum adanya panen, menyebabkan stok di penggilingan menjadi minim. Menurut Mansuri, potensi kenaikan harga beras saat Ramadan sangat mungkin terjadi karena panen raya mundur, diperkirakan paling cepat pada bulan April.

Harga Bermunculan di Pasar

Harga beras medium di pasar mencapai Rp 13.000-14.000/kg, sedangkan jenis premium bahkan mencapai Rp 18.000/kg. Mansuri menyatakan bahwa harga beras premium tersebut merupakan yang tertinggi sepanjang sejarah Indonesia. Situasi ini diakibatkan oleh sulitnya mencari pasokan beras, baik dari penggilingan maupun pabrik lokal.

Penjelasan dari Badan Pangan Nasional

Suara dari Kepala Badan Pangan Nasional

Arief Prasetyo Adi, Kepala Badan Pangan Nasional, memberikan penjelasan terkait kondisi harga beras. Harga gabah telah mencapai level Rp 8.000/kg, yang jika setara dengan beras, harganya mencapai Rp 16.000/kg. Angka ini jauh di atas Harga Eceran Tertinggi (HET) baik untuk jenis medium (Rp 10.900/kg) maupun premium (Rp 13.900/kg).

Kenaikan Harga Beras Bersifat Global

Arief menegaskan bahwa kenaikan harga beras bukan hanya terjadi di Indonesia, melainkan juga di seluruh dunia. Faktor-faktor seperti perang Rusia dan Ukraina telah meningkatkan biaya produksi, termasuk biaya pupuk. Kondisi global ini berdampak pada harga beras dan produk pertanian lainnya.

Solusi Terkini dan Harapan Saat Panen

Rekomendasi Pembelian Beras Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP)

Arief memberikan solusi kepada masyarakat untuk membeli beras Bulog Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) dengan harga Rp 10.900/kg. Selain itu, beras premium merek lainnya juga sudah masuk ritel dengan harga Rp 13.900/kg. Rekomendasi ini diharapkan dapat membantu masyarakat mendapatkan beras dengan harga terjangkau.

Harapan Turunnya Harga Saat Panen

Arief optimis bahwa harga beras akan mengalami penurunan saat panen. Beberapa wilayah seperti Demak, Ngawi, Sragen, Jawa Timur, dan Tulungagung sudah mulai panen, mengakibatkan penurunan harga gabah. Saat panen mencapai puncaknya pada Maret, diharapkan harga beras akan turun secara signifikan.

Dengan adanya solusi pembelian beras yang stabil dan harapan turunnya harga saat panen, diharapkan masyarakat dapat menghadapi kenaikan harga beras dengan lebih tenang, terutama menjelang bulan Ramadan. Semua pihak, termasuk pemerintah dan produsen beras, diharapkan dapat bekerja sama untuk menjaga stabilitas pasokan dan harga beras di Indonesia.

Latest Posts

Go toTop