Dark
Light

INCO Berguncang! Harga Saham Turun 7,75% Pasca-Divestasi

18 Februari 2024
PT vale indonesia tbk - saham inco

Negosiasi divestasi saham PT Vale Indonesia Tbk akhirnya mencapai titik terang, menghasilkan kesepakatan harga yang dinantikan. Dalam pernyataan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Arifin Tasrif, disebutkan bahwa harga yang telah disepakati berada di kisaran Rp 3.000 per saham.

“Kepalanya tiga, tapi kepalanya mendem,” ujar Arifin dengan nada canda di Gedung Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Ditjen Migas) Kementerian ESDM Jakarta, Jumat (16/2/2024).

Pihak terlibat, termasuk MIND ID dan para pemegang saham, sepakat untuk melanjutkan proses administratif. Arifin menyampaikan bahwa dokumen-dokumen terkait sedang dalam proses penyelesaian.

“Kita tunggu beberapa hari ini, mudah-mudahan Senin nanti sudah rampung. Tim sedang bekerja keras untuk menyelesaikan bahasa-bahasa legal,” terang Arifin, menyoroti tahapan selanjutnya.

Penting untuk dicatat bahwa kesepakatan divestasi ini sejalan dengan porsi saham yang akan dilepas, yakni sebesar 14%. Meskipun detail terkait transaksi ini masih dalam tahap administratif, namun langkah ini merupakan langkah penting dalam pengembangan industri pertambangan di Indonesia.

Namun, seiring dengan kesepakatan ini, saham Vale Indonesia (INCO) mengalami penurunan. Data perdagangan dari RTI, Jumat (16/2), mencatat bahwa saham Vale ditutup pada harga Rp 3.690 per saham, mengalami penurunan sebesar 7,75% dari sesi pembukaan di level Rp 3.950 per saham.

Pada hari yang sama, saham INCO diperdagangkan sebanyak 15.637 kali dengan volume mencapai 52,47 juta lembar saham. Nilai transaksi mencapai Rp 198,89 miliar, dan kapitalisasi pasarnya saat ini mencapai Rp 36,67 triliun.

Ketidakpastian pasar terhadap perubahan struktur kepemilikan ini menjadi salah satu faktor yang memengaruhi pergerakan harga saham. Investor dan pelaku pasar diharapkan tetap waspada dan mengikuti perkembangan selanjutnya dalam proses divestasi ini.

Dengan kesepakatan harga yang telah dicapai, diharapkan bahwa langkah ini akan memberikan arah positif bagi industri pertambangan Indonesia serta menciptakan stabilitas dalam nilai saham Vale Indonesia ke depannya.

Latest Posts

Go toTop