Dark
Light

Erick Thohir : 2 Opsi Jika BRI dan BNI Melepaskan Saham di BSI

2 Maret 2024
2 Opsi Jika BRI dan BNI Melepaskan Saham di BSI

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir, baru-baru ini mengungkapkan perkembangan terkait rencana divestasi saham PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) dan PT Bank Negara Indonesia (BNI) di PT Bank Syariah Indonesia (BSI). Erick menyatakan bahwa pihaknya tengah mempertimbangkan dua opsi terkait rencana tersebut.

Menurut Erick, dua opsi yang sedang dipertimbangkan adalah:

  1. Mencari Mitra Strategis: Langkah pertama yang dipertimbangkan adalah mencari mitra strategis. Hal ini diharapkan dapat memberikan dukungan dan membawa BSI menjadi salah satu bank syariah terbesar di dunia.
  2. Menghubungkannya dengan Tabungan Emas: Opsi kedua adalah menghubungkan divestasi saham dengan tabungan emas. Erick Thohir menyebut bahwa program tabungan emas memiliki potensi yang bagus, dan masih dalam tahap pertimbangan.

Rencana Pelepasan Saham

Erick Thohir menegaskan bahwa saat ini belum ada keputusan untuk melepas saham kepemilikan BRI dan BNI pada BSI ke publik. Menteri BUMN berfokus untuk memastikan bahwa BSI memiliki mitra strategis yang mampu membawanya menjadi bank syariah terbesar di dunia.

Opsi Pelepasan Saham Menarik

Staf Khusus Menteri BUMN, Arya Sinulingga, juga mengonfirmasi bahwa pihaknya membuka opsi untuk melepas saham BSI baik kepada investor strategis maupun kepada publik. Tujuan dari langkah ini adalah untuk membuat saham lebih atraktif bagi para investor.

Proyek Strategis BUMN

Pelepasan saham BSI yang dikuasai oleh BRI dan BNI merupakan bagian dari proyek strategis BUMN yang masih dalam tahap penyelesaian. Arya Sinulingga menargetkan bahwa seluruh proyek strategis BUMN, termasuk unlock value BSI, akan rampung pada bulan Oktober.

Dengan masih terbukanya dua opsi yang sedang dipertimbangkan, yakni mencari mitra strategis dan menghubungkannya dengan tabungan emas, terlihat bahwa pemerintah memiliki strategi yang cermat untuk memastikan keberhasilan divestasi saham BRI dan BNI di BSI.

Walaupun demikian, masih perlu ditunggu keputusan final terkait arah yang akan diambil dalam rencana ini. Semua langkah yang diambil tampaknya merupakan bagian dari upaya besar untuk meningkatkan kinerja sektor perbankan syariah di Indonesia.

Latest Posts

Go toTop