Dark
Light

Bank dengan Aset Terbesar di Indonesia Tahun 2023

24 Februari 2024
Ilustrasi perbankan

Daftar Bank-Bank Unggulan

Industri keuangan Tanah Air dikuasai oleh beberapa raksasa perbankan yang terus mengalami pertumbuhan. Menurut Statistik Perbankan Indonesia dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), pada bulan Desember 2023, total aset bank umum telah mencapai Rp 11.765,83 triliun.

Berdasarkan laporan detik.com, enam bank utama berhasil menonjolkan posisinya dengan total aset yang mengesankan. Di puncaknya, PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. (BMRI) mencatatkan lonjakan signifikan dalam total aset konsolidasinya, mencapai Rp 2.174,2 triliun pada akhir 2023, meningkat 9,12% dibandingkan tahun sebelumnya.

Sementara itu, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. (BBRI) juga menunjukkan pertumbuhan yang kuat, mencapai Rp 1.965 triliun pada akhir tahun yang sama, naik 5,3% dari tahun sebelumnya. Bank swasta terbesar di Indonesia, PT Bank Central Asia Tbk. (BBCA), mencatatkan total aset sebesar Rp 1.408 triliun, mengalami kenaikan sebesar 7,1% secara tahunan pada akhir tahun yang sama.

Pada urutan berikutnya, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. (BBNI) dan PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. (BBTN) masing-masing mencatatkan kenaikan total aset sebesar 5,5% dan 9,1% secara tahunan. Sementara itu, PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BRIS) berhasil menembus posisi keenam dengan kenaikan aset sebesar 15,67% secara tahunan, mencapai Rp 354 triliun.

Dengan demikian, pertumbuhan yang signifikan dalam total aset bank-bank utama ini menjadi cerminan kuatnya sektor keuangan Indonesia pada akhir tahun 2023.

Latest Posts

Go toTop